Senin, 12 Desember 2011

SIstem Terstruktur DFD dan ERD


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa. Berkat Limpahan karunianya, kami dapat menyelesaikan penulisan makalah Sistem Terstruktur DFD dan ERD.

Landasan Teori

Suatu yang lazim bahwa ketika menggambarkan sebuah sistem kontekstual Data Flow Diagram yang akan pertama kali muncul adalah interaksi antara sistem dan entitas luar. DFD didisain untuk menunjukkan sebuah sistem yang terbagi-bagi menjadi suatu bagian sub-sistem yang lebih kecil adan untuk menggaris bawahi arus data antara kedua hal yang tersebut diatas. Diagram ini lalu dikembangkan untuk melihat lebih rinci sehingga dapat terlihat model-model yang terdapat di dalamnya.

A.Pengertian DFD


DFD (Data Flow Diagram) merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yg mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

B.Tujuan DFD
Tujuan DFD adalah :
1. Memberikan indikasi mengenai bagaimana data ditransformasi pada saat data bergerak melalui sistem
2. Menggambarkan fungsi-fungsi(dan sub fungsi) yang mentransformasi aliran data.

C.Adapun simbol-simbol Data Flow Diagram :

1. Kesatuan Luar (External Entity)

Merupakan kesatuan luar (entity) dilingkungan luar sistem yang dapat berupa sekelompok orang, divisi, organisasi, atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Suatu kesatuan luar dapat disimbolkan dengan suatu notasi kotak atau segi empat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAlkJNHUKvibBRi3nR5ld1zZeWHTxJcnkouRJoMHwWqOVh1oAgGgktJlQOT4QP6Y0LJEY56-EnGPa0RftlmE7kW1cQxxMVyxQ-qpDrWil43AD71e-uvTmyj-TuUTNO891bn9jCoGezn1w/s200/4.jpg 
Gambar 1. External Entity

2. Proses
Adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses atau untuk mengubah input menjadi output. Suatu proses dapat ditunjukkan dengan simbol lingkaran.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXv57wTuuAdlJDkrukHFtFxms0_njg7Rn0HCcQSmvdqLlcHGHt8eTwX8x5VlKSRjEXPrwbScyoCXaiyWyTNkN9rAU_0NADiwCZNTLgtZripXDs6AevBiZue3LkpA9stLbzktGhgRUt2KI/s320/3.jpg
Gambar 2. Process


3. Data Flow (Aliran Data)
Data mengalir melalui sistem, dimulai dengan sebagian input dan diubah atau diproses menjadi output. Arus data (Data Flow) diberi simbol dengan suatu garis panah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7UiO2JLSz-1lFzI0dodDlwYlBIJwwQATRkZ7hRb2GCLc_F79rwaXHHVaGBYXku-8nFsi7lnieIPW9cWdPhEIUX0fieEqjg-uuuHy73axCKxyyQb7NBJDtWYU566rkDua7avaLyoEfI4g/s320/2.jpg
Gambar 3. Data Flow

4. Data Storage (Penyimpanan Data)
Data disimpan untuk keperluan berikutnya. Simpanan data di DFD disimbolkan dengan sepasang garis horisontal paralel yang tertutup di salah satu ujungnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggxBXzhefdSUI1dNgHPxKGBnloHYNWkR7Pzl3_a5MH6uWhmIWQZMVUf0pIZ1Ueb4D8vbBdfS2_42v2GNJRHVKClI-qb7Zsr5KOZWaDAREZmL_bQfV2p5QWUyscTWyvW2aY46N3_A3aCvA/s320/1.jpg

Gambar 4. Data Storage


D.Syarat Pembuatan DFD :
1. Pemberian nama untuk tiap komponen DFD
2. Pemberian nomor pada komponen proses
3. Penggambaran DFD sesering mungkin agar enak dilihat
4. Penghindaran penggambaran DFD yang rumit
5. Pemastian DFD yang dibentuk itu konsiten secara logika


Ada 3 jenis DFD, yaitu ;
§  Context Diagram (CD)
§  DFD Fisik
§  DFD Logis

*Context Diagram (CD)
Jenis pertama Context Diagram, adalah data flow diagram tingkat atas (DFD Top Level), yaitu diagram yang paling tidak detail, dari sebuah sistem informasi yang menggambarkan aliran-aliran data ke dalam dan ke luar sistem dan ke dalam dan ke luar entitas-entitas eksternal. (CD menggambarkan sistem dalam satu lingkaran dan hubungan dengan entitas luar. Lingkaran tersebut menggambarkan keseluruhan proses dalam sistem).
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggambar CD;
§  Terminologi sistem :
-       Batas Sistem adalah batas antara “daerah kepentingan sistem”.
-       Lingkungan Sistem adalah segala sesuatu yang berhubungan atau mempengaruhi sistem tersebut.
-       Interface adalah aliran yang menghubungkan sebuah sistem dengan linkungan sistem tersebut.
§  Menggunakan satu simbol proses.
§  Nama/keterangan di simbol proses tersebut sesuai dengan fungsi sistem tersebut,
§  Antara Entitas Eksternal/Terminator tidak diperbolehkan komunikasi langsung
§  Jika terdapat termintor yang mempunyai banyak masukan dan keluaran, diperbolehkan untuk digambarkan lebih dari satu sehingga mencegah penggambaran yang terlalu rumit, dengan memberikan tanda asterik ( * ) atau garis silang ( # ).
§  Jika Terminator mewakili individu sebaiknya diwakili oleh peran yang dipermainkan personil tersebut.
§  Aliran data ke proses dan keluar sebagai output keterangan aliran data berbeda.

 * DFD Fisik
            Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukan entitas-entitas internal dan eksternal dari sistem tersebut, dan aliran-aliran data ke dalam dan keluar dari entitas-entitas tersebut. Entitas-entitas internal adalah personel, tempat, atau mesin (misalnya, sebuah komputer) dalam sistem tersebut yang mentransformasikan data. Maka DFD fisik tidak menunjukkan apa yang dilakukan, tetapi menunjukkan  dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sebuah sistem dilakukan.
Perlu diperhatikan didalam memberikan keterangan di lingkaran-lingkaran (simbol proses) dan aliran-aliran data (simbol aliran data) dalam DFD fisik menggunakan label/keterangan dari kata benda untuk menunjukan bagaimana sistem mentransmisikan data antara lingkaran-lingkaran tersebut.

* DFD Logis
            Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukkan proses-proses dalam sistem tersebut dan aliran-aliran data ke dalam dan ke luar dari proses-proses tersebut. Kita menggunakan DFD logis untuk membuat dokumentasi sebuah sistem informasi karena DFD logis dapat mewakili logika tersebut, yaitu apa yang dilakukan oleh sistem tersebut, tanpa perlu menspesifikasi dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sistem tersebut dilakukan.
            Keuntungan dari DFD logis dibandingkan dengan DFD fisik adalah dapat memusatkan perhatian pada fungsi-funsi yang dilakukan sistem.


E. Manfaat DFD
*Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain
dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.

*DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
*DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program

F.Pengertian ERD

ERD(Entity Relationship Diagram) merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. Pada dasarnya ada tiga simbol yang digunakan, yaitu :
A.    Entiti
Entiti merupakan objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fadli, 1999: 30). Simbol dari entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang.
B.    Atribut
Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips.
C.     Hubungan 
Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Relasi dapat digambarkan sebagai berikut :

1). Satu ke satu (One to one)
Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.

). Satu ke banyak (One to many)
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

3). Banyak ke banyak (Many to many)
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.


G.Tujuan ERD
Tujuan ERD adalah untuk menunjukkan objek data dan relationship yang ada pada objek tersebut.


H.Langkah Pembuatan ERD
*Menentukan Entity
*Menentukan Relasi
*Gambar ERD sementara
*Isi Kardinalitas (jumlah entity)
*Tentukan Primary Key
*Gambar ERD Berdasarkan Primary key
*Menentukan Attribut
*Pemetaan Attribut
*Gambar ERD dengan Attribut
*Periksa Hasil


I.Simbol-simbol ERD




Entitas : Suatu objek yang dapat di identifikasi dalam lingkungan pemakai.




Relasi : Menunjukan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berbeda.







Atribut : Mendeskripsikan karakter entitas (atribut yang berfungsi sebagai key diberi garis bawah.


Garis : Sebagai penghubung antar relasi dengan entitas, relasi dan entitas dengan atribut


Kesimpulan

DFD mempunyai banyak persamaan dengan ERD, walau sebagian besar memiliki kemiripan, DFD biasanya lebih cendrung mengacu pada alur data sistem yang biasa digunakan untuk penggambaran analisa, sedangkan ERD itu lebih mengacu pada sistem database, serta menganalisis objek-objek yang biasanya memiliki hubungan antar relasi.



 Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar