Kamis, 10 November 2011

Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Antropologi


A.Pendahuluan

1. Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa. Berkat Limpahan karunianya, saya dapat menyelesaikan penulisan makalah Ilmu Sosial dalam bidang Antropologi.

2.Tujuan Penulisan
Memperbanyak ilmu pengetahuan akan definisi Antropologi dalam ilmu sosial dasar, serta himbauan agar seseorang mampu mengungkapkan tingkah lakunya setelah mengetahui bahwa ilmu sosial dasar itu melibatkan banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari

B.Pembahasan
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia, dan logos yang berarti ilmu. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial. Para ahli mendefinisikan antropologi sebagai berikut:
William A. Haviland Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
David Hunter Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
Koentjaraningrat Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

Secara garis besar antropologi antropologi memiliki cabang-cabang ilmu yang terdiri dari: 
A. Anthropologi Fisik
1.     Paleoantropologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil. 
2.     Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.

B. Anthropologi Sosial dan Budaya
1.     Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan semua kebudayaan manusia di bumi sebelum manusia mengenal tulisan. 
2.     Etnolinguistik antropologi adalah ilmu yang mempelajari pelukisan tentang ciri dan tata bahasa dan beratus-ratus bahasa suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi. 
3.     Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
4.     Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang 

C.Kesimpulan
Ilmu Sosial Dasar dalam Antropologi melibatkan beberapa aspek kehidupan yang menyimpang pada keanekaragaman budaya dalam suatu negara, yang awal mulanya itu berasal dari rasa keingintahuan atau ketertarikan orang-orang akan kebudayaan dalam etnis tertentu

Sumber :


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar